Thursday, August 2, 2012

Membersihkan Notebook

Pada suatu hari ada konsumen yang membawa notebook Acer, dia mengeluh kalau notebooknya sering hang apabila sedang dipakai atau dalam posisi menyala, singkat kata setelah saya diagnosa, ternyata notebook tersebut mengalami over heat (temperatur terlalu tinggi) yang mengakibatkan processor dan chipset pada khususnya kepanasan...

Hal itulah yang menyebabkan notebook tersebut hang. Jadi saya putuskan untuk membongkar notebook tsb dan memmbersihkan nya secara total. mulai dari Casing, keyboard, LCD, Motherboard, Processor, dan tntu saja kipas processor sebagai penyebab berkumpul nya debu di dalam notebook, saya bersihkan dengan memakai alat sederhana yaitu kuas.

Ya memang kipas processor itu fungsi utamanya adalah untuk mengalirkan udara ke permukaan heatsink yang bertujuan untuk mendinginkan processor, tetapi ironis memang,kipas processor pun bisa menyedot debu dari luar ke dalam notebook, oleh karena itu kipas processor pun kalau dalam janggka waktu lama tidak dibersihkan akan tertutup debu dan prosese pendinginan menjadi tidak maksimal. Berikut adalah dokumentasi gambar saat kami membersihkan notebook, sebetulnya dalam membersihkan nya kita bisa menggunakan air compressor (kompresor angin) namun karena kami merasa cukup bersih hanya dengan alat sederhana, maka kami hanya menggunakan kuas untuk membersihkan debu dan obeng plus ukuran kecil untuk membuka baud noteook.

Berikut ini adalah komponen-komponen dari sebuah notebook :

CD ROM, Hard Disk, dan casing penutupHard disk dan RAM 

RAM, W-LAN Adapter, obeng dan kuas (alat yng digunakan)

Bagian-bagian dari Notebook

Gambar motherboard notebook, ketika masih menempel di back casing

 Back Casing dan Casing Depan

Casing Depan

Back Casing
 
Kipas Processor dan Heatsink nya

LCD Notebook
 
Keyboard, Speaker, Battery, dan Penutup atas
 
 Motherboard Notebook

No comments:

Post a Comment